Sebuah sikap adalah bentuk cerminan dan gambaran atau citra dari individu yang hidup secara sosial saling membutuhkan dan saling berkolaborasi. Sikap juga merupakan sebuah harga mahal dan nilai tambah dari seseorang yang ingin berkarir dan berprofesi dalam bidang apapun.
Berdasarkan dari pengalaman pribadi saya, sudah lebih dari 5 tahun saya diminta oleh sebuah lembaga pendidikan kejuruan untuk menagajar di bidang pariwisata dan ternyata menjadi seorang pengajar itu tidaklah mudah, salah satu yang sulit adalah menghadapi sikap siswa yang celometan.
Biasanya, akan saya nasihati, "jikalau anda bukan anak orang kaya atau punya backingan lebih baik anda berubah sikap sebelum lulus, kalau tidak anda tidak akan punya tempat dimanapun termasuk di bidang pariwisata". Karena di pariwisata, sikap (manner) adalah hal yang utama. Lihat orang-orang yang sukses di bidang pariwisata, entah itu guide, hotelier, driver, dab lain-lain. Mereka mungkin bukan yang semasa sekolah paling pintar, bukan dari keluarga terpandang juga, tapi mereka pasti memeliki sikap yang baik.
Ramah, sopan, profesional, dan bisa diandalkan, itu beberapa ciri-ciri dari mereka, dan sikap itu bukan serta merta muncul, butuh latihan, butuh waktu untuk mengembangkan, dan waktu paling pasnuntuk belajar adalah saat masih masa pendidikan. karena, jika sudah berada di "lapangan" belajarnya sangat pahit, bukan hanya mendapatkan nasehat, paling halus bisa terkena teguran atau peringatan, paling parah bisa sampai dikata-katai dengan kalimat yang tidak pantas hingga dipecat.
Komentar
Posting Komentar