Cara Menjadi Tour Leader Pemula

 


Memiliki profesi pekerjaan menjadi seorang Tour Leader adalah impian bagi beberapa orang yang memiliki jiwa sosial yang aktif, luwes, dan mudah akrab dengan siapa saja. Bahkan, banyak juga orang yang sukses taraf kehidupannya walaupun hanya dengan bekerja sebagai seorang tour leader walaupun kita tahu bahwa penghasilan seorang tour leader mungkin berbeda dengan orang-orang yang bekerja ala kantoran. Tapi, yakinlah bahwa bekerja menjadi seorang tour leader itu sangat asyik sekali walaupun dipandang relatif. Maksudnya yaaaa kadang enak, kadang juga yaa gaenak. Enaknya sih yaa kita bias jalan-jalan sekaligus mengenal suatu daerah yang belum pernah kita kunjungi, mengenal karakteristik banyak orang, mendapatkan pengalaman dari setiap masalah/complain yang ada, pelajaran kehidupan yang baru, hingga mendapatkan uang saku yang begitu “kerasa” alias lebih dari cukup. Hehehe.

Oh ya sebelum kita membahas lebih jauh “Gimana sih caranya jadi TL walaupun masih pemula?” saya akan jelaskan beberapa point penting dan ini merupakan basic menjadi seorang tour leader. Oke, simak baik-baik yaaaa !

Basic atau dasar yang harus dimiliki seseorang sebelum menjalankan tugas pekerjaan menjadi tour leader yaitu harus mempelajari beberapa hal sebagai berikut :

1 . Harus memiliki pemikiran open minded, jiwa yang tulus, dan kemampuan berfikir positif. Ketiga hal tersebut merupakan syarat wajib agar ketika kita dihadapkan pada suatu permasalahan, complain, atau bahkan konflik dengan tamu kita tau cara menyelasaikannya dan juga bisa memberikan solusi yang efektif terhadap masalah yang dihadapi. Biasanya permasalahan yang timbul itu sifatnya variatif alias macem-macem. Ada yang nasi nya atau lunch box nya kurang layak makan, kendaraan yang bermasalah, hingga cuaca yang kurang bersahabat.

2 . Mempunyai Sikap Jujur dan tanggung jawab. Tak jarang juga TL sebagai wakil perusahaan biro perjalanan wisata juga bisa dipasrahi penuh atas segala tanggung jawab pelaksanaan tur mulai keberangkatan, penjemputan rombongan, mengatur kegiatan rombongan, hingga laporan operasional keuangan selama kegiatan tur berlangsung.

3 . Memiliki mental dan daya tahan tubuh tahan banting karena seorang TL akan dihadapkan banyak permasalahan terutama perubahan cuaca entah itu akan hujan deras atau cuaca siang yang terik. Nah, dalam mengayomi rombongan, seorang TL gaboleh takut panas atau dingin. Jika memiliki masalah dengan keadaan tersebut, maka persiapkan dirimu dengan menggunakan jaket ataupun krim anti sinar UV biar gak gosong hehe. Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi bagi yang memiliki gangguang kesehatan tertentu ataupun suplemen sebagai penguat kesehatan daya tahan tubuh.

4 . SUKA TRAVELING

Lanjutt,, kita sudah sedikit memahami dan mengerti 4 syarat utama persiapan menjadi seorang tour leader.

Dalam segi judul artikel ini dimaksudkan bagi orang yang ingin menjadi Tour Leader walaupun sebelumnya belum pernah handel rombongan atau pemula harus tau caranya dan jalannya. Pertama, kita harus memiliki kenalan yang profesinya sebagai pelaku usaha perjalanan wisata. Entah itu owner biro perjalanan wisata, marketing tour & travel, atau juga ada relasi dengan rekan yang pernah menggunakan jasa tour & travel dalam mengurusi kegiatan wisatanya.

Dari cara berkenalan itulah kalian harus berani memulai sebuah percakapan tentang apapun yang berkaitan dengan pariwisata khususnya ngobrolin tentang traveling.

Baca Juga : Tugas Tour Leader !

Kedua, tahap lanjutan ini kalian bisa menawarkan diri, percaya diri, dan harus bisa meyakinkan kepada si owner tour & travel layaknya kalian menghadapi interview lamaran kerja. Biasanya sang pemilik usaha tour n travel akan memberikan tantangan terlebih dahulu berupa “Tolong carikan orderan rombongan wisatawan”. Nah dari sini kalian akan berusaha menawarkan beberapa tujuan paket wisata. Entah ke lingkungan sekitar rumah, keluarga, teman-teman reuni sekolah, atau mungkin temannya temanmu. Hehehe

Ketiga, ketika keberuntungan berpihak padamu, sebelum kalian berangkat untuk bersiap menjadi TL pertama kali mintalah waktu untuk briefing dengan pihak tour n travel agar segala agenda kegiatan wisata yang sudah direncanakan dapat terlaksanan dengan baik. Kemudian belajarlah dengan cara mencari artikel dan membaca pengalaman seseorang TL melalui blog nya. Syukur-syukur kalian punya kenalan teman TL yang jam terbangnya sudah tinggi, Waaahh pasti ilmunya mantap.

Jangan lupa juga sebelum berangkat menuju tujuan wisata yang sudah ditentukan dan ditugaskan kepada kalian, rajinlah survey lokasi walaupun melalui medsos entah itu Google, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya agar paling tidak kalian memiliki bekal atau paham dengan tujuan wisata yang akan dikunjungi

Nah dari beberapa hal yang sudah saya jelaskan diatas, intinya kalo pengen jadi TL pemula yaa harus rajin-rajin suka traveling

Cukup sudah pembahasan pada artikel kali ini saya mohon maaf apabila ada kalimat hasil ketikan saya ada yang kurang mudah dipahami ataupun kalimat yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Kritik dan saran tetap saya tunggu dan saya mohon untuk kasih masukan yang sifatnya membangun dan bijak dalam berkomentar agar proses kita sama-sama berkembang lebih baik lagi

Terima kasih banyak sudah mau meluangkan waktunya untuk mampir dan membaca blog saya ini, semoga bermanfaat dan siapa tau menjadi seorang tour leader adalah jalan rejeki kalian.

kalo menurut kalian ini adalah artikel yang menarik, silahkan share dan sebarkan pada teman-temanmu yaaa!!!

Kalau pengen tau saya silahkan mampir ke halaman sosmed saya di instagram dan youtube.

 youtube : https://www.youtube.com/c/BranxcoTV

instagram : https://www.instagram.com/ranggabranco/

Rangga Branco

Komentar