Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kepariwisataan SMK

 Hallo pembaca setia, tulisan kali ini saya ungin membagikan tentang KI KD Mata pelajaran SMK Kepariwisataan kelas X dengan harapan bagi kalian, bapak ibu guru muda yang mengajar mata pelajaran ini dapat menjadikan KI KD ini  sebagai standart pembelajaran materi dasar dalam ilmu pariwisata.

jikalau dalam penulisan ini ada sesuatu yang kurang pas atau berkenan, mohon masukan dan perbaikannya

Mari mita berbagi demi kemajuan pendidikan masa depan anak-anak generasi milenial bangsa Indonesia .





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK PARIWISATA SATYA WIDYA

Bidang Keahlian          : Pariwisata

Program Keahlian        : Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian   : UPW/Perhotelan/Tata Boga

Mata Pelajaran            : Kepariwisataan

Guru Penagajar           : Rangga Galung Rihardika, ST. Par

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.Aspek-aspek kompetensit ersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, danproaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkon disian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, danbudayasekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kepariwisataan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam kontek pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan

Menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kepariwisataan

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstract erkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1     Memahami industri pariwisata

4.1     Mengelompokkan industri pariwisata

3.2     Memahami motivasi tujuanperjalanan, karateristik wisatawan dan polapengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

4.2     Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan polapengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jeniskelamindan status keluarga saat perjalanan wisata

3.3     Menganalisis dampak industri pariwisata

4.3     Merumuskan solusi tentang dampak industri pariwisata

3.4     Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata

4.4     Membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata

3.5     Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata

4.5     Mengelompokkan jenjang karir dalamorganisasikepariwisataan

3.6     Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)

4.6     Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)

3.7     Menganalisis potensi dan daya tarik wisata

4.7     Membuat perencanaan  daya tarik wisata

3.8     Menganalisis dokumen perjalanan

4.8     Mengelola dokumen perjalanan

3.9     Menganalisis usaha jasa wisata

4.9     Menyusun rencana usaha jasa wisata

3.10 Menganalisis  usaha sarana wisata

4.10 Menyusun rencana usaha sarana wisata

3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata

4.11  Mengembangkan rancangan publisitas pariwisata

Komentar