Apasih perbedaan Sales dan Marketing?

 Marketing itu Beda Sama Sales !!!




Jangan sampai salah pengertian mengenai 2 hal ini.

Sales & marketing serupa tapi tak sama karena keduanya sama menjual produk tapi jika diperhatikan kalau diperusahaan sales dan marketing biasanya dibagi menjadi 2 divisi

Why ?

Karena mereka berdua itu beda

Definisi Sales
Sebuah aktifitas melakukan penjualan produk kepada konsumen. Fokusnya ke peningkatan penjualan. Prinsipnya gampang semakin banyak produk yang laku, semakin bagus kondisi perusahaan.

Definisi Marketing
Proses yang lebih besar dan luas dalam sebuah bisnis. Meliputi perencanaan pembuatan produk, penetapan harga, cara promosi, dan lain-lain.
Tujuannya tidak hanya supaya produk laku, tapi juga membangun brand agar produk diingat, dipromosikan masyarakat, dan dibeli lagi (repeat order)

Strateginya ???

Strategi sales tujuannya supaya penjualan terjadi. Sales akan menonjolkan kelebihan/benefit produk agar calon konsumen tertarik. Strateginya bisa berupa apa saja, asal produk terjual dan target terpenuhi.

Strategi marketing tujuannya menjaga citra produknya. Menurut marketing, kepuasan pelanggan adalah tujuan utamanya agar pelanggan datang dan membeli produknya lagi. Fokusnya adalah pada kualitas, agar citra dan brand tetap bagus di mata para pelanggannya.

Proses kerjanya ???




Sales, mereka adalah Frontliner yang bertemu langsung dengan konsumen secara tatap muka langsung atau secara media sosial berupa chat pribadi.
Yang jelas mereka berinteraksi dengan konsumen.

Marketing, mereka ini yang memikirkan cara berpromosi yang efektif, menentukan pangsa pasar, analisis kelebihan dan kekurangan produk, dan lain-lalin.

Hubungan dengan pelanggan

Sales : hubungan dengan para pelanggan tidak begitu penting, yang penting pada prinsipnya produk jualan mereka laku.

Marketing wajib membina hubungan dengan pelanggan. Mulai dari masa promosi hingga proses purchase.
Kepuasan pelanggan nomer satu, jadi mereka biasanya mengharapkan feedback dari pelanggan, kritik, dan saran dari para customer

Ruang lingkup pekerjaan

Sales : cenderung sempit dan singkat. Karena tujuan mereka yaitu melancarkan transaksi.
Sales juga bertugas meyakinkan calon customer supaya mereka secara terus menerus merasa butuh dengan produk yang ditawarkan

Marketing : lebih luas dan berjangka panjang. Bagi marketing pekerjaannya meliputi market research, public relations, dan customer satification.
Jadi, selain memastikan bahwa value sebuah produk dapat dirasakan oleh konsumen, marketing wajib menjaga hubungan baik supaya produknya dibeli kembali oleh para pelanggan.

Fungsi dan Tujuan

Fungsi dan tujuan sales adalah memastikan terjadinya transaksi pembelian. Aktifitas utamanya adalah selling atau penjualan.
Sedangkan fungsi dan tujuan daripada marketing adalah memastikan brand produk tetap menempel pada ingatan para customer. Marketing perlu membina hubungan baik agar pelanggan yang tadinya hanya sebagai pembeli bisa menjadi "agen gratisan" yang bisa membela dan mempromosikan citra produk kepada masyarakat luas.

Mari belajar GoogleAds dan temukan inspirasi teknik Digital Marketing dengan mengikuti blog ini .

Terima kasih sudah mau mampir dan membaca semoga berguna

Subscribe chanel youtube kami sekarang

Klik Disini !!!

Komentar