Paket Perjalanan Wisata Lebih Dari Satu Hari dan Overland Tour



Pengertian

Paket wisata lebih dari satu hari merupakan suatu acara perjalanan wisata yang lama tournya minimal 2 hari. Jenis tour ini memerlukan fasilitas akomodasi untuk menginap. Tergantung kondisi harga, biaya akomodasi dapat dimasukkan dalam harga paket atau akomodasi dapat juga di luar harga paket sehingga konsumen harus membayar sendiri. Hal tersebut tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Overlan tour adalah perjalanan wisata yang dilakukan dengan menggunakan transportasi darat untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata. Biasanya minimal 2 kota disinggahi dalam satu perjalanan wisata. Paket Overland Tour yang sering dijual oleh Biro Perjalanan adalah Bali overland tour dan Yogyakarta overland tour. Pada umumnya durasi overland tour minimal 2 hari, selebihnya tidak terbatas.

Contoh tour itinerary lebih dari 1 hari :



Tour Itinerary dan Kondisi Harga

Dalam membuat tour itinerary, biro perjalanan mempunyai seni tersendiri. contoh tour itinerary diatas, dibuat dalam bentuk narasi. Terdapat deskripsi singkat tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi sehingga memberikan gambaran kepada calon wisatawan apa yang dapat dilihat, apa yang dapat dilakukan.

Contoh harga tour lebih dari satu hari dilengkapi dengan kondisi dalam harga per orang :

Nama Hotel

20 peserta

40 peserta

Bali Summer Kuta***

Rp. 1,300.000

Rp. 1.275.000

Palm Beach Kuta***

Rp. 1.200.000

Rp. 1.150.000

Max One Legian***

Rp. 1.350.000

Rp. 1.300.000

Lorin Pecatu Hotel ***

Rp. 1.300.000

Rp. 1.275.000

Grand Inna Kuta***

Rp. 2.200.000

Rp. 2.175.000


Harga Paket Sudah Termasuk :
- 6x Makan
- Free Turtle Island
- Tiket Obyek Wisata
-  Guide
- Toll, Parkir dan Retribusi
- Complimentary 1 Bottle Mineral Water/pax/day
- Harga sudah termasuk pajak dan service fee

Paket tidak termasuk :
- Tiket Pesawat
- Bus
- Keperluan pribadi


Setiap biro perjalanan menetukan harga dengan kondisi yang bermacam-macam. sebagai konsumen, harus teliti dalam mencermati harga paket yang ditawarkan penjual. jangan hanya melihat harga murah kemudian tertarik untuk membeli tetapi harus dilihat kondisi dari harga tersebut. Kondisi harga terdapat pada "harga termasuk dan harga tidak termasuk". Terkadang harga terlihat murah dibanding penawaran dari biro perjalanan lain karena harga tersebut tidak mencakup semua komponen perjalanan. Munkin tidak termasuk penginapan, mungkin juga tidak termasuk makan atau komponen yang lain. Apabila di kalkulasi seluruhnya besar kemungkinan totalnya lebih mahal dari dari biro perjalanan lainnya.

Sebagai biro perjalanan, apapun kebijakan kondisi harga yang ditentukan perusahaan harus dijelaskan kepada calon konsumen secara jujur sehingga diminimalisir konsumen kecewa. Kesepakatan harga dengan fasilitas yang tertera sebaiknya tercapai dengan secara terbuka.

    Contoh Kondisi harga tour lebih dari satu hari :

Harga Sudah Termasuk :
1. Hotel/penginapan (sekamar berdua)
2. Transportasi sesuai kapasitas peserta
3. Guide/pemandu wisata (profesional)
4. Makan sesuai program 3 kali sehari
5. Minum es Durian dan makan Bika Ambon
6. Tiket masuk wisata selama tour
7. Tiket masuk menonton pertunjukan seni
8. air mineral setiap hari

Harga Tidak Termasuk :
1. Tiket Pesawar PP
2. Airport Tax & Sevice
3. Minuman tambahan berupa Juice
4. Biaya pengeluaran pribadi

Komentar