Paket Wisata Sebagai Suatu Produk


Tour operator adalah suatu bagian usaha dalam industri pariwisata yang bergerak dalam penyelenggaraan perjalanan wisata. Tugasnya adalah menyusun suatu produk dengan cara membeli/menguasai jasa pelayanan wisata lainnya yang diperlakukan dalam perjalanan tersebut sehingga menjadi satu keastuan yang biasa disebut paket wisata.

Ada empat unsur paling mendasar yang mendukung kegiatan perjalanan wisata, yaitu : Transportasi, Akomodasi, Obyek Wisata, dan Pelayanan yang mana ke-empat unsur tersebut dikelola sedemikian rupa oleh seroang Tour Organizer sehingga terciptalah sebuah produk paket wisata. Setelah itu, pihak lembaga/organisasi/pelaku industri pariwisata yang berhak menjual produk paket wisata adalah Biro Perjalanan Wisata (Travel Boureau) dan siap untuk dipromosikan kepada calon wisatawan.

Di dalam penyelenggaraan perjlanan wisata, diperlukan kegiatan penyusunan produk dan perencanaan produk yang fungsinya sebagai indicator atau pokok-pokok yang harus diperhatikan dalam pembuatan paket wisata. Entah produk tersebut untuk kelas menengah kebawah atau menengah keatas, untuk pecinta wisata minat khusus, untuk generasi muda atau generasi tua, dan lain sebagainya. Kemudian didalam prosesnya diperlukan perencanaan penyelenggaraan, yaitu berguna untuk mengetahui kapan kegiatan akan dilaksanakan dan bagaimana gambaran pelaksanaannya. Kemudian, tahap akhir yaitu Pelaksanaan yang diaplikasikan dalam bentuk perjalanan dan pengelolaan selama kegiatan wisata berjalan.

Perlu kalian ketahui juga bahwa paket wisata merupakan suatu system yang perencanaannya tidak terlepas dari ketiga hal berikut, yaitu :

1.      Wisatawan, sebagai pemakai produk

2.      Waktu dan fasilitas wisata yang disiapkan atau dipergunakan

3.      Penyusunan harga

WISATAWAN = ditinjau dari sisi wisatawan sebagai konsumen, merupakan factor yang sangat dominan pengaruhnya terhadap produk yang direncanakan.



Komentar