Tour operator adalah
suatu bagian usaha dalam industri pariwisata yang bergerak dalam
penyelenggaraan perjalanan wisata. Tugasnya adalah menyusun suatu produk dengan
cara membeli/menguasai jasa pelayanan wisata lainnya yang diperlakukan dalam
perjalanan tersebut sehingga menjadi satu keastuan yang biasa disebut paket
wisata.
Ada empat unsur paling
mendasar yang mendukung kegiatan perjalanan wisata, yaitu : Transportasi,
Akomodasi, Obyek Wisata, dan Pelayanan yang mana ke-empat unsur tersebut
dikelola sedemikian rupa oleh seroang Tour Organizer sehingga terciptalah
sebuah produk paket wisata. Setelah itu, pihak lembaga/organisasi/pelaku
industri pariwisata yang berhak menjual produk paket wisata adalah Biro
Perjalanan Wisata (Travel Boureau) dan siap untuk dipromosikan kepada calon
wisatawan.
Di dalam
penyelenggaraan perjlanan wisata, diperlukan kegiatan penyusunan produk dan
perencanaan produk yang fungsinya sebagai indicator atau pokok-pokok yang harus
diperhatikan dalam pembuatan paket wisata. Entah produk tersebut untuk kelas
menengah kebawah atau menengah keatas, untuk pecinta wisata minat khusus, untuk
generasi muda atau generasi tua, dan lain sebagainya. Kemudian didalam
prosesnya diperlukan perencanaan penyelenggaraan, yaitu berguna untuk
mengetahui kapan kegiatan akan dilaksanakan dan bagaimana gambaran
pelaksanaannya. Kemudian, tahap akhir yaitu Pelaksanaan yang diaplikasikan
dalam bentuk perjalanan dan pengelolaan selama kegiatan wisata berjalan.
Perlu kalian ketahui
juga bahwa paket wisata merupakan suatu system yang perencanaannya tidak
terlepas dari ketiga hal berikut, yaitu :
1.
Wisatawan, sebagai pemakai produk
2.
Waktu dan fasilitas wisata yang
disiapkan atau dipergunakan
3.
Penyusunan harga
WISATAWAN = ditinjau dari sisi wisatawan sebagai konsumen, merupakan factor yang sangat dominan pengaruhnya terhadap produk yang direncanakan.
Komentar
Posting Komentar