Perbedaan Antara Leader Wanita dan Leader Pria


Saat anda bekerja di sebuah perusahaan, pasti sudah paham kalo ada sosok yang menduduki posisi tertinggi yang biasa disebut Leader. Sosok inilah yang menjadi pemimpin atau apabila perusahaan diibaratkan kapal, maka sosok ini menjadi nahkoda yang mengendalikan arah perusahaan tersebut berjalan. Dan, bagaimana perusahaan itu berjalan, tergantung pada gaya kepemimpinannya. Untuk hal ini, ada perbedaan antara Leader wanita dan pria dari gaya mereka memimpin.

1. Hubungan Dengan Bawahan

Berdasarkan penelitian dari Schermerhorn (1999), leader wanita cenderung menggunakan cara interaktif saat berhubungan dengan bawahannya. Cara ini membuat leader wanita lebih menkankan untuk membina hubungan yang dekat dengan bawahan dengan komunikasi yang lebih intens. Mereka lebih berlaku demokratik dan menghormati pekerja atau bawahannya layaknya berbagi kekuasaan yang dimilikinya.
Leader pria lebih menggunakan cara yang asertif. Mereka lebih mementingkan aturan yang ada dan menggunakan otoritas yang dimilikinya untuk mengatur jalan dari perusahaan yang dipimpinnya. Saat ada kesalahan atau hal yang harus diperbaiki, leader pria lebih cenderung memberikan nasihat.

2. Cara Memberi Perintah

Seperti saat membina hubungan dengan bawahannya, leader wanita lebih menekankan bawahan untuk ikut maju bersama. Jadi, bila ada perintah untuk kepentingan perusahaan, biasanya leader wanita akan mengajak bawahannya untuk berfikir bersama, seolah-olah posisi mereka sama.
Sedangkan leader pria lebih suka memerintah secara langsung, sesuai dengan keputusan yang sudah dibuat untuk satu hal dalam perusahaan tersebut. Biasanya, leader pria juga hanya menganggap bawahan sebagai bawahan. Jadi tidak ada posisi yang sama, seperti leader wanita.

3. Cara Berpikir Dalam Memimpin

Leader wanita biasanya melakukan pendekatan dengan harapan bahwa perusahaan tersebut dapat utuh maju bersama. Ini juga dikarenakan leader wanita ingin bisa semua pegawainya maju bersama untuk kemajuan perusahaan. sedangkan leader pria, lebih bersikap strategis. Mereka mempunyai konsep berpikir sesuai dengan strategi dan analisa secara logika, untuk kondisi perusahaan yang dipimpinnya

KESIMPULAN

Sebenarnya, perbedaan antara leader wanita dan pria tidak terlalu besar. bahkan leader wanita pun dapat seperti leader pria jika ada kondisi yang mengharuskan mereka berbuat begitu, begitu juga dengan leader pria. dengan persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini, dibutuhkan pemimpin yang bisa memimpin secara seimbang, baik secara feminim atau maskulin. gaya feminim ala leader wanita akan sangat penting menjaga keutuhan dan keharmonisan karyawan perusahaan ditengah persaingan yang ketat. Sedangkan cara maskulin akan berguna dalam mengambil keputusan yang tepat dan cepat yang mana sangat dibutuhkan di iklim dunia bisnis sekarang ini yang berkembang dengan pesat .

- Rangga Branxco -

Sumber : Pengalaman Bekerja

Mohon maaf apabila ada penulisan yang kurang tepat dan kurang berkenan. Mohon kritik dan saran .

Kunjungi Channel Youtube saya di Branxco Youtube Channel


Komentar